Cara Mengatasi Redmi 5 Plus Hilang Sinyal

Sebagian pengguna Xiaomi Redmi 5 Plus belakangan ini banyak di keluhkan dengan kasus hilangnya sinyal atau Imei null pada xiaomi Redmi 5 Plus.

Menurut pengalaman, Kasus hilangnya sinyal banyak dijumpai setelah pengguna melakukan flash Firmware atau update MIUI pada perangkatnya.

karena jika versi Firmware / MIUI yang digunakan tidak kompatibel bisa juga menyebabkan Redmi 5 plus hilang sinyal atau Imei null.

Tapi perlu garis bawahi tidak semua kerusakan hilang sinyal pada redmi plus diakibatkan rusaknya software. sebab bisa saja hardwarenya seperti IC sinyal yang rusak.

Jadi alangkah baiknya anda memeriksa terlebih dahulu apakah Imei dan pita basis nya ada? jika tidak, besar kemungkinan perangkat tersebut rusak softwarenya dalam artianya bisa saja Firmware yang digunakan sekarang tidak kompatibel.

Sebaliknya jika Imei dan pita basis nya ada, silahkan anda cek terlebih dahulu apakah Imei di blokir atau tidak. jika tidak di blokir baru lanjut besar kemungkinan rusaknya IC sinyal.

Jadi Bagaimana cara memperbaiki Redmi 5 plus yang hilang sinyal?

Karna pada kasus ini gadgetaulia sudah mendiagnosa bahwa perangkat yang dijadikan tutorial ini adalah Redmi 5 Plus yang Imei null akibat tidak kompatibel Firmware yang di gunakan pada perangkat itu.

Langsung saja untuk Tutorial nya ada dibawah :

Baca Juga :

Apa Itu Imei?

Menurut Wikipedia International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah nomor, umumnya unik, untuk mengidentifikasi ponsel 3GPP dan iDEN, serta beberapa telepon satelit. Biasanya ditemukan di dalam kompartemen baterai ponsel, tetapi juga dapat ditampilkan di layar pada kebanyakan ponsel dengan memasukkan *#06#

Fungsi Imei sendiri sangat penting. karna tanpa IMEI, sebuah perangkat tidak akan bisa melakukan panggilan, browsing bahkan mendeteksi simcard, karna tidak adanya sinyal.

File QCN Redmi 5 Plus dan Qpst

Untuk mengembalikan imei pada redmi 5 plus kalian mebutuhkan file backup QCN yang tentu saja nnti akan kita restore menggunakan QPST.

Jadi kalian butuh mengunduh beberapa file yang sudah gadgetaulia bagikan dibawah :

Tutorial Mengatasi Redmi 5 Plus Hilang Sinyal

  • Langkah pertama silahkan mengunduh File diatas.
  • Kemudian instal Driver Qualcom dan Tools QPST.
  • Lalu buka Program QFIL dan pilih tab Tools > QCN Backup Restore dan isikan denga File QCN Vince Redmi 5 Plus.
redmi 5 plus qcn restore
  • Kemudian kita perlu mengaktifkan mode diag port dengan cara dial *#*#717717#*#* dan mode Diag Port Nya otomatis Hidup.
mode diag port redmi 5 plus
  • Sekarang silahkan hubungkan HP ke PC / Laptop dan pastikan di Program QFIL nya sudah deteksi Qualcom HS-USB Diagnostics 9092.
terdeteksi HS-USB Diagnostics
  • Setelah terdeteksi silahkan langsung saja klik Restore QCN dan proses nya akan berjalan.
Proses restore qcn redmi 5 plus
  • Jika proses restore nya selesai, cabut usb dari laptop lalu restart HP nya.
  • Selamat. sekarang perangkat kalian kembali ada sinyal.
proses restore qcn selesai

Jika anda masih kurang mengerti dengan langkah – langkahnya silahkan untuk menonton video tutorial dibawah :

Kesimpulan Permasalahan

Nah jadi untuk kasus diatas alhamdulillah sudah berhasil diatasi. adapun kasus yang menyebabkan hilang sinyal pada redmi 5 plus diakibatkan oleh hilangnya Imei.

Jadi kita hanya perlu merestore ulang file QCN menngunakan QPST dan permasalahan nya selesai.

Sampai Jummpa di Tutorial Selanjutnya!

Muhammad Aulia
Ketika gabut, aku disini. tapi sedikit sibuk juga, sibuk menikmati hidup dengan cara menjalaninya. Biasa diucapkan Selamat pada tanggal 04 May setiap tahunnya.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

3 + 18 =