Apa Itu Jailbreak? Semua Yang Perlu Kamu Ketahui!

Kali ini kita akan membahas apa itu Jailbreak? apa saja manfaat jailbreak? apakah dengan melakukan jailbreak dapat merusak iPhone itu sendiri? legal atau ilegal?

Mungkin anda sering mendegarnya tapi tidak tahu arti dan tujuan melakukan jailbreak, maka disini kita akan bahas tuntas apa itu jailbreak dan semua hal yang perlu kamu ketahui tentang Jalibreak!

Jika kalian sudah paham apa tentang jailbreak dan ingin mencari tutorial jailbreak iPhone, maka silahkan langsung saja ke artikel dibawah ini.

Daftar Isi :

Apa Itu Jailbreak?

Jailbreak adalah suatu proses menembus batasan Apple yang ditetapkan di Sistem Operasi milik Apple yaitu IOS, iPadOS, tvOS, watchOS dan bridgeOS. biasanya dilakukan dengan memanfaatkan bug (celah keamanan) dari sistem operasi tersebut dengan melakukan eksploitasi semacam tambalan kernel.

Lebih mudahnya Jalibreak yaitu untuk mendapatkan hak akses root, dengan begitu maka pengguna jailbreak dapat Melakukan instal perangkat lunak yang sebelumnya tidak ada di apsstore serta aplikasi tidak resmi diinstal yang memudahkan untuk menginstal aplikasi jailbreak, tweak, dan tema. 

Cydia adalah salah satu App Store paling populer untuk aplikasi jailbreak, tweak, ekstensi dan tema yang tidak tersedia atau tersedia melalui App Store Apple.

Apa Manfaat Jailbreak?

Seperti disebutkan sebelumnya, alasan utama untuk melakukan jailbreak pada iPhone adalah untuk menginstal aplikasi jailbreak, tweak dan tema untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa perangkat mereka dan juga meningkatkan fungsionalitasnya.

Aplikasi jailbreak dan tweak menambahkan fungsionalitas yang tidak tersedia di iOS seperti kemampuan untuk mengunci aplikasi individual menggunakan Touch ID atau Face ID. Tweaks juga menghadirkan fitur yang tidak tersedia di iPhone lama.

Misalnya, tweak jailbreak yang disebut Aperturize menghadirkan Depth Control, yang pertama kali diperkenalkan di iPhone XS, Maka fitur tersebut juga bisa di aplikasikan ke iPhone lama seperti iPhone 8 Plus, iPhone X, dan iPhone 7 Plus.

Selama bertahun-tahun, Apple dikenal dengan tweak jailbreak “Sherlocking” dan mengintegrasikannya ke iOS seperti tweak ini di iOS 13, yang tampaknya telah disalin Apple .

Jailbreak adalah legal . Perpustakaan Kongres AS telah memberikan pengecualian Digital Millennium Copyright Act (DMCA) untuk jailbreaking smartphone seperti iPhone, tablet, smart TV, dan perangkat komputasi serba guna lainnya.

Ini memberi pengguna yang suka mengotak-atik kemampuan untuk memodifikasi perangkat lunak mereka tanpa melanggar undang-undang hak cipta.

Namun, penting untuk dicatat di sini adalah ilegal menggunakan jailbreak Anda untuk torrent film secara ilegal, mengunduh aplikasi berbayar secara gratis, atau melakukan kejahatan dunia maya dan hak cipta lainnya. Anda akan melanggar hukum, dan akan menentang semangat jailbreaking.

Apakah Jailbreak Membatalkan Garansi Saya?

Dokumen dukungan Apple tentang jailbreaking mengklaim bahwa mereka “dapat menolak layanan untuk iPhone, iPad, atau iPod touch yang telah menginstal perangkat lunak yang tidak sah.” Oleh karena itu, siapa pun yang di-jailbreak, bergaransi atau tidak, dapat atau tidak mendapatkan dukungan dari Apple.

Namun, memulihkan iPhone Anda ke pengaturan pabrik dan mengaturnya sebagai “iPhone Baru” akan menghapus semua riwayat jailbreak dan mencegah Apple mendeteksi bahwa perangkat telah di-jailbreak sehingga ada cara mudah untuk menghindari pembatalan garansi iPhone Anda.

Bisakah Jailbreak Merusak iPhone Saya?

Anda mungkin pernah mendengar cerita bahwa jailbreaking merusak iPhone. Namun, itu di hari-hari yang sangat awal. Kami belum pernah mendengar pengguna melakukan kesalahan sampai perangkatnya mati total setelah melakukan jailbreak.

Alasan paling umum untuk menghadapi masalah setelah jailbreak adalah tweak jailbreak yang tidak kompatibel. Jadi selalu disarankan untuk melakukan jailbreak periksa terlebih dahulu tweak kompatibel atau tidak sebelum menginstalnya.

Sebagian besar jailbreak menyertakan Safe Mode, yang menonaktifkan semua tweak Anda sehingga Anda dapat menghapus tweak jailbreak yang crash / tidak kompatibel dengan aman.

Dalam kasus yang lebih buruk, jika Anda mengalami masalah dengan iPhone Anda setelah jailbreaking, yang sangat jarang terjadi akhir-akhir ini, Anda selalu dapat memulihkan iPhone Anda dengan cara menginstal ulang.

Apakah Jailbreak Sama Dengan Unlocking Operator ?

Jailbreaking dan unlocking bukanlah hal yang sama. Dalam kasus jailbreak iPhone, Anda menghapus batasan di iOS, sedangkan Anda membuka kunci iPhone untuk menggunakan SIM dengan operator apa pun.

Pada hari-hari awal jailbreaking, Anda dapat membuka kunci perangkat lunak iPhone Anda setelah melakukan jailbreak menggunakan perangkat lunak seperti Ultrasn0w . Tetapi tidak mungkin lagi untuk membuka kunci perangkat lunak iPhone.

Pada tahun 2020, hanya ada dua opsi yang tersedia untuk membuka kunci iPhone Anda yaitu melalui operator Anda, atau membuka kunci IMEI. Keduanya permanen, tidak memerlukan jailbreak dan bekerja dengan semua model iPhone dan versi OS.

Harga untuk membuka kunci iPhone bervariasi berdasarkan operator Anda. Mereka mendukung semua model iPhone seperti iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone SE, iPhone 5s, iPhone 5C, iPhone 5, iPhone 4S dan iPhone 4.

Apakah Jailbreak Mencegah Saya Memperbarui iOS?

Beberapa jailbreak modern mencegah pembaruan perangkat lunak iOS over-the-air (OTA) yang dapat Anda instal melalui aplikasi Pengaturan di iPhone Anda. Jadi, Anda mungkin terpaksa menginstal pembaruan secara manual menggunakan iTunes.

Disarankan juga untuk menginstal pembaruan perangkat lunak iOS terbaru melalui iTunes atau Finder daripada menginstalnya melalui pembaruan OTA.

Namun, jika Anda menginstal pembaruan, jailbreak akan hilang, dan semua aplikasi jailbreak dan tweak yang telah Anda instal akan dihapus. Jadi Anda ingin tetap melakukan jailbreak, maka penting untuk memeriksa apakah pembaruan perangkat lunak iOS terbaru dapat di-jailbreak sebelum Anda menginstal pembaruan.

Apa Saja Jenis – Jenis Jailbreak?

Ada 4 jenis jailbreak :

Tethered : Jailbreak yang ditambatkan hanya dapat melakukan jailbreak sementara pada iPhone selama satu kali boot. Jika pengguna perlu me-restart iPhone untuk alasan apa pun maka perangkat itu harus “jailbreak ulang” dengan komputer (menggunakan fitur “boot tethered” dari alat) setiap kali dihidupkan,

Jika tidak, itu akan mendapatkan terjebak dalam keadaan mulai sebagian, seperti Mode Pemulihan. Ini mungkin jenis jailbreak terburuk, karena Anda memerlukan komputer jika perlu me-restart iPhone Anda, yang sangat tidak nyaman.

Jailbreak semi-tethered : Dalam kasus jailbreak semi-tertambat, iPhone akan boot, tetapi tidak akan memiliki kernel yang ditambal, dan karena itu tidak akan dapat menjalankan kode yang dimodifikasi,

yang berarti aplikasi jailbreak dan tweak tidak akan kerja. Anda perlu menggunakan alat jailbreak untuk memulai dengan kernel yang ditambal sehingga Anda dapat menggunakan tweak jailbreak lagi.

Jailbreak untethered : Jailbreak yang tidak ditambatkan adalah jenis jailbreak terbaik. Ini memungkinkan Anda untuk me-restart iPhone Anda, dan kernel akan tetap ditambal, yang berarti iPhone Anda akan di-jailbreak bahkan setelah reboot.

Jailbreak semi-untethered : Hal ini mirip dengan jailbreak untethered karena memberi Anda kemampuan untuk me-restart iPhone Anda. Namun, iPhone tidak di-jailbreak setelah reboot.

Perbedaan antara jailbreak semi-tethered adalah, dalam kasus jailbreak semi-untethered, Anda dapat melakukan jailbreak pada iPhone menggunakan aplikasi di perangkat Anda sendiri. Jadi Anda tidak perlu menambatkan iPhone ke komputer untuk melakukan jailbreak.

Seberapa Mudah Jailbreak iPhone?

Sangat mudah hari ini untuk jailbreak iPhone. Anda perlu menggunakan alat seperti Cydia Impactor atau Xcode untuk menginstal aplikasi jailbreak di iPhone Anda, lalu jalankan aplikasi jailbreak dan ketuk tombol Jailbreak untuk meretas iPhone Anda. Anda tidak memerlukan keahlian komputer untuk melakukan jailbreak pada iPhone Anda lagi.

Mereka mengatakan melihat adalah percaya, jadi tonton video jailbreak di bawah ini untuk melihat betapa mudahnya melakukan jailbreak iPhone:

Bagaimana Saya Dapat Menginstal Aplikasi dan Tweak Jailbreak?

Anda dapat menginstal aplikasi jailbreak dan tweak menggunakan Cydia , pengembang oleh Jay Freeman alias Saurik. Itu juga disebut App Store tidak resmi untuk aplikasi jailbreak dan tweak. Alat jailbreak biasanya menginstal Cydia selama proses jailbreak.

Sileo , adalah alternatif Cydia lain yang telah diinstal sebelumnya dengan jailbreak Chimera untuk iOS 12, yang juga memungkinkan Anda untuk menginstal tweak dan tema jailbreak.

Alat seperti Cydia dan Sileo membuatnya sangat mudah untuk menginstal aplikasi jailbreak dan tweak. Ini semudah menginstal aplikasi dari App Store.

Apakah Ada Biaya Untuk Jailbreak?

Semua alat jailbreak yang telah dirilis sejauh ini gratis. Anda tidak harus membayar untuk jailbreak.

Anda juga harus berhati-hati terhadap jailbreak palsu. Berita palsu tidak hanya mempengaruhi komunitas jailbreak juga menjadi sasaran jailbreak palsu. Kami telah melihat artikel dan video YouTube yang mengklaim melakukan jailbreak pada pembaruan perangkat lunak iOS terbaru.

Jika alat jailbreak dirilis, itu akan tersedia secara gratis, dan kami akan menjadi yang pertama melaporkannya dan membagikan tautan jailbreak.

Bisakah Saya Melakukan Jailbreak?

Silakan lihat tabel di bawah ini untuk mengetahui apakah iPhone Anda dapat di-jailbreak, dan jika demikian, alat jailbreak mana yang dapat digunakan untuk melakukan jailbreak. Kami juga telah menyediakan tautan ke panduan jailbreak yang sesuai jika Anda memerlukan petunjuk langkah demi langkah.

Model iPhoneChipsetTersedia Jailbreak?Versi iOS di Dukung?Versi iOS Tidak di Dukung?Tools Jailbreak
iPhone 13, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, iPhone 13 miniChipset A15Tidak
iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone 12 miniChipset A14YaiOS 14 – iOS 14.3 Unc0ver Jailbreak
iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE (2020) Chipset A13YaiOS 13 – iOS 14.3 Unc0ver Jailbreak
iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR Chipset A12YaiOS 12 – iOS 14.3Unc0ver Jailbreak
iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus Chipset A11YaiOS 11 – iOS 14.7.1iOS 12.0 – iOS 14.7.1:
Checkra1n Jailbreak

iOS 11 – iOS 14.3:
Unc0ver Jailbreak
iPhone 7, iPhone 7 Plus Chipset A10YaiOS 10 – iOS 14.7.1iOS 12.0 – 14.7.1
Jailbreak Checkra1n

iOS 11 – iOS 14.3:
Unc0ver Jailbreak

iOS 10 – iOS 10.3.4:
Jailbreak Yalu
iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE (2016)
Chipset A9YaiOS 9 – iOS 14.7.1iOS 12.0 – 14.7.1
Jailbreak Checkra1n

iOS 11 – iOS 14.3:
Unc0ver Jailbreak

iOS 11 – iOS 11.4.1:
Jailbreak Electra

iOS 10 – iOS 10.3.4:
Jailbreak Yalu

iOS 9 – iOS 9.3.3:
Jailbreak Pangu9
iPhone 6, iPhone 6 Plus Chipset A8YaiOS 8 – iOS 12.5.4 iOS 12.0 – 12.5.4
Jailbreak Checkra1n

iOS 11 – iOS 12.5.4:
Unc0ver Jailbreak

iOS 11 – iOS 11.4.1:
Jailbreak Electra

iOS 10 – iOS 10.3.4:
Jailbreak Yalu

iOS 9 – iOS 9.3.3:
Jailbreak Pangu9

iOS 8 – iOS 8.1:
Jailbreak Pangu8
iPhone 5s Chipset A7YaiOS 8 – iOS 12.5.4 iOS 12.0 – 12.5.4
Jailbreak Checkra1n

iOS 11 – iOS 12.5.4:
Unc0ver Jailbreak

iOS 11 – iOS 11.4.1:
Jailbreak Electra

iOS 10 – iOS 10.3.4:
Jailbreak Yalu

iOS 9 – iOS 9.3.3:
JAilbreak Pangu9

iOS 8 – iOS 8.1:
Jailbreak Yalu8

Kami harap panduan komprehensif tentang jailbreaking iPhone ini bermanfaat. Jangan ragu untuk mengirimkan email kepada kami jika Anda memiliki pertanyaan.

Terakhir di perbarui 15/09/2021

Muhammad Aulia
Ketika gabut, aku disini. tapi sedikit sibuk juga, sibuk menikmati hidup dengan cara menjalaninya. Biasa diucapkan Selamat pada tanggal 04 May setiap tahunnya.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

12 + four =