IOS 15 : Kini Lebih Mudah dengan Berbagai Fitur Baru!

Setiap tahunnya Apple menggelar salah satu acara terbesar tahunannya dalam kalender Apple, Yups apa lagi kalau bukan WWDC21! Apple Worldwide Devolopers Coference atau sering disingkat WWDC merupakan acara tahunan untuk Pengembang Apple, diacara ini Apple meperlihatkan Teknologi barunya dan pembaruan penting diseluruh ekosistemnya seperti kehadiran iOS 15, anggap saja ini persiapan untuk acara utama tahunannya yaitu pelucuran iphone baru, yang mungkin saja iPhone 13 akan dirilis September nanti!

Event WWDC21

iOS 15 merupakan salah satu pembaruan besar yang di umumkan di acara tersebut. selain itu ada pembaruan besar juga yang menarik untuk dibahas seperti MacOS Monterey, iPadOS 15, dan WatchOS 8. Lantas apa saja peningkatan pembaruan besaran di iOS 15 , jadwal rilis dan list daftar iphone yang mendapatkan update iOS 15! Mari kita bahas dibawah ini!

iOS 15

iOS 15 Fitur

iOS merupakan salah satu produk Apple yang penting dan sangat berdampak karena digunakan 1 Miliar lebih orang diseluruh dunia. sudah sepatutnya Apple sangat memperhatikan akan perangkat lunak buah apple tergigit tersebut. baru baru ini Apple megumumkan iOS 15 dengan berbagai pembaruan dan peningkatan besaran seperti FaceTime, SharePlay, Notifications, Live Text, iMessage, Photos, Fokus, Map, Safari, Health, Siri, iCloud serta banyak lagi dan akan kita bahas langsung dibawah ini :

iOS 15: SharePlay

Apple memiliki banyak fitur berbagi yang dapat diandalkan yang namanya SharePlay. Apple membuat iOS 15 dapat berbagi banyak hal dengan orang orang yang mungkin anda sayangi.

iOS 15 SharePlay

Anda dapat menonton video, mendengarkan musik, atau berbagi layar bersama dengan seseorang di panggilan Facetime. Pemutaran video dan audio akan disinkronkan dan orang lain dalam penggilan akan mendapatkan kontrol media jika mereka ingin menganti musik, menjeda atau bahkan melompat ke trek lain, dan seluruh grup dapat membuat daftar putar kolaboratif. berbagi layar bahkan berfungsi di seluruh perangkat Apple.

Ini juga akan bekerja untuk Apple Music dan Aplikasi TV, Apple dapat melakukanya karna mereka memiliki API, jadi aplikasi lain akan memperbarui untuk mendukungnya juga. Apple memanggil aplikasi populer seperti Disney+, HBOMax, Twitch, ESPN+ bahkan Tiktok!

Dan lagi “Share With You” baru di aplikasi apple akan mengumpulkan dan menyoroti hal hal yang dikirimkan orang kepada anda di iMessage, lalu anda juga dapat melihat foto yang dikirimkan orang kepada anada di iMessage, semuanya disatu tempat. hal yang sama juga berlaku untuk aplikasi Podcast, Apple TV, dan Safari. ini merupakan cara yang bagus untuk anda menemukan tautan yang dikirimkan orang kepada anda dengan cepat tanpa perlu mengulir kembali ke utas pesan anda.

iOS 15: Facetime

iOS 15 Facetime

Facetime mendapatkan peningkatan besaran di iOS 15, sekarang anda dapat menghilangkan suara latar belakang seperti saat anda sedang berada di keramaian sehingga obrolan grup terdengar lebih alami anda dapat melakukan itu dengan fitur yang namanya Audio Spasial. Tampilan kisi juga mendapat perombakan dari Apple, sekarang semua orang dengan ukuran yang sama dan menyoroti orang yang sedang berbicara. mode potret juga kini hadir di facetime, mengaburkan latar belakang secara otomatis. Facetime juga dapat memberi tahu anda saat anda harus berbicara dan saat dibisukan.

Mungkin berita terbesar adalah Tautan Facetime! sekarang anda dapat membuat tautan links untuk undangan panggilan Facetime atau melampirkannya ke acara kalender. Tak hanya itu layanan panngilan video milik Apple ini kini juga memberi dukungan untuk dapat digunakan di Windows, Peramban Web dan juga Android loh! ini juga merupakan sebuah peningkatan besar.

iOS 15: Live Text

Fitur baru yang dinamai dengan “Live Text” yaitu sebuah fitur untuk membaca text dari sebuah gambar menggunakan Machine Learning. dan memungkinkan anda untuk dapat menggunakan langsung seperti text biasa. semuanya terjadi di perangkat untuk melindungi privasi anda. Arahkan aplikasi kamera ke beberapa text, dan anda akan melihat indikator di kanan bawah yang dapat anda ketuk untuk memilihnya dan kemudian anda dapat men copy paste langsung ke pesan, email, whatsapp atau laiinya.

iOS 15 Live Text

Tetapi ini berfungsi di seluruh sistem operasi, tidak hanya di aplikasi Kamera saja. Anda dapat memilih teks langsung di foto yang ada, mencari teks di dalamnya, dan bahkan memilih teks dalam gambar di web. Teks Langsung mengenalinya seperti halnya dengan teks asli : Pilih nomor telepon dan Anda dapat memanggilnya dengan satu ketukan. Pilih alamat dan akan terbuka langsung ke di peta.

Sementara sistem Teks Langsung adalah hal yang paling transformatif, ini bukan hanya untuk teks! Sistem cerdas dapat mengenali hewan peliharaan dan hewan lain, objek di alam, buku, landmark, dan beberapa objek umum. kalo begini mimin kuliah mah gak usah bawah buku lagi šŸ˜€

iOS 15: iMessage

Seperti yang dibahas sebelumnya, jika seseorang mengirimi Anda konten di Pesan seperti foto, tautan, musik, berita, podcast itu juga akan muncul di bagian “Share With you” baru di aplikasi yang sesuai. Anda tidak perlu kembali ke utas pesan untuk menemukan tautan yang ingin Anda buka.

iOS 15 iMessage

Anda cukup melihat di bagian “Share With You” di Safari. Jika menurut Anda itu akan menjadi penting ketika Anda melihatnya di Pesan, Anda sekarang dapat menyematkannya, dan itu akan disorot dan dipindahkan ke bagian atas bagian Dibagikan dengan Anda di setiap aplikasi. Anda akan dapat melihat siapa yang mengirim konten dan mengetuk nama mereka untuk melihat pesan dan membalas, tanpa meninggalkan aplikasi untuk membuka Pesan.

Tidak jarang mengirim banyak gambar dalam iMessage, jadi Apple memiliki beberapa representasi visual baru untuk ini. Jika Anda mengirim hanya beberapa, itu akan ditampilkan sebagai kolase. Kumpulan yang lebih besar ditampilkan sebagai tumpukan yang dapat Anda geser. Ketuk salah satu untuk mendapatkan tampilan grid penuh di mana Anda dapat melihat gambar individual atau mengirim balasan Tapback.

iOS 15: Focus

Fitur baru selanjutnya adalah Fokus atau merupakan sebuh “mode” khusus yang Anda atur di pusat kendali saat Anda ingin membatasi gangguan. Ada berbagai mode Fokus yang disarankan diantaranya bekerja, waktu pribadi, tidur, olahraga, bermain game, membaca, atau mengemudi, bahkan Anda dapat mengcustom nya sendiri.

Saat Anda mengatur Fokus, Anda akan dapat memilih aplikasi dan orang mana yang ingin Anda terima notifikasinya dan mana yang ingin Anda senyapkan, sambil membiarkan interupsi penting melewatinya. Kecerdasan pada perangkat melihat perilaku Anda sebelumnya untuk membuat saran, tetapi Anda dapat menyesuaikan aplikasi dan daftar orang sebanyak yang Anda inginkan.

iOS 15: Safari

Peramban Apple telah mengalami desain ulang besar-besaran. Bilah tab ada di bagian bawah layar sekarang, dan semakin menjauh saat Anda menggulir halaman ke bawah. Anda menggesek ke kiri dan ke kanan untuk berpindah antar tab. Tarik ke bawah di bagian atas halaman untuk menyegarkannya.

iOS 15 Safari
Ekstensi browser untuk safari dan ipad? ini bukan mimpi!

Mungkin yang terbaik dari semuanya, Safari di iOS sekarang mendukung ekstensi browser!

iOS 15: Maps

Apple Maps terus meningkat. Data pemetaan baru merupakan langkah besar, dan akan terus menyebar ke lebih banyak negara di tahun mendatang, tetapi aplikasi itu sendiri juga akan mendapatkan banyak fitur baru.

iOS 15 Maps

Tampilan 3D memiliki tampilan baru yang lembut, dan di kota-kota tertentu memiliki banyak detail untuk landmark, vegetasi, dan jalan khusus, dan banyak lagi. Anda akan melihat lebih banyak detail jalan seperti penyeberangan, jalur belok, jalur bus dan sepeda, dan bahkan persimpangan 3D. Ada tampilan arah berjalan augmented reality 3D baru di salah satu ujung skala, dan tampilan bola dunia 3D yang lebar di ujung lainnya.

Rute transit ditingkatkan, dan Anda dapat menyematkan bus atau kereta yang selalu Anda gunakan untuk menjaga info real-time mereka tetap di atas. Saat naik angkutan umum, peta akan memberi tahu Anda saat Anda sudah sampai di perhentian.

Kartu tempat didesain ulang, dan penelusuran sekarang memungkinkan Anda memfilter hasil agar lebih mudah mendapatkan apa yang Anda cari.

iOS 15: Photos

Aplikasi Foto mendapatkan beberapa peningkatan, tetapi tampaknya sebagian besar pekerjaan telah beralih ke pengalaman Memori baru. Ada ratusan lagu baru dan jika Anda pelanggan Apple Music, Anda juga dapat memilih dari perpustakaan lagu tersebut. Alat pembuat Kenangan akan menyarankan lagu dari Apple Music yang populer pada waktu atau tempat, atau yang Anda dengarkan saat bepergian.

iOS 15 Photos

Kenangan memiliki tampilan baru dengan animasi dan transisi baru, semuanya disatukan secara real-time. Anda dapat dengan cepat menjeda Memori dan mengubah tampilannya dengan gaya, musik, dan foto yang berbeda.

Ada banyak perbaikan kecil lainnya di luar perombakan besar Memories. Sinkronisasi gambar awal jauh lebih cepat saat menyiapkan perangkat baru. Identifikasi orang lebih baik, dan lebih mudah untuk memperbaiki kesalahan identifikasi, dan panel info telah diperluas dengan lebih banyak detail foto dan bahkan identifikasi objek pintar.

iOS 15: Health

Aplikasi Kesehatan hanya mendapatkan beberapa perubahan, tetapi diterima. Anda dapat berbagi metrik atau tren kesehatan dengan orang lain, dan bahkan membiarkan mereka mendapatkan peringatanā€”berguna jika Anda ingin orang lain segera mengetahui tentang peningkatan detak jantung atau skenario berbahaya serupa.

Jika Anda melihat Hasil Lab di aplikasi Kesehatan dari penyedia layanan kesehatan yang didukung, Anda bisa mendapatkan deskripsi tentang arti hasil tersebut. Anda juga dapat lebih mudah berbagi data dari aplikasi Kesehatan Anda dengan dokter Anda, jika sistem mereka mendukungnya.

Pengukuran Walking Steadiness baru akan menggunakan sensor iPhone Anda untuk mengukur kecepatan, irama, langkah, dan metrik gaya berjalan lainnya untuk memberi Anda gambaran tentang seberapa besar kemungkinan Anda jatuh.

Siri

Akhirnya, setelah bertahun-tahun membutuhkan koneksi internet untuk melakukan apapun , Siri bekerja secara offline . Ada model pengenalan suara di perangkat baru yang memproses ucapan Anda tanpa mengirimnya ke mana pun. Jika tindakan yang Anda minta Siri lakukan tidak memerlukan data dari internet, tindakan tersebut dapat dilakukan sepenuhnya secara offline. Jadi menyetel timer atau alarm, membaca Pesan terbaru, mengaktifkan Mode Gelap, dan banyak lagi dapat dilakukan tanpa koneksi.

Ini membuat Siri jauh lebih pribadi dan aman, tetapi juga jauh lebih cepat.

Widget

Widget adalah salah satu kemenangan besar dari desain ulang layar beranda besar iOS 14. Dengan iOS 15, Apple menambahkan sejumlah widget baru untuk aplikasi populernya sendiri, termasuk Cari Milik Saya, Kontak, Game Center, App Store, Mail, dan Tidur. Widget Smart Stacks dapat secara dinamis menambahkan widget baru yang disarankan untuk aplikasi yang sering Anda gunakan.

Memoji

Apa jadinya pembaruan iOS tanpa beberapa opsi Memoji baru? Di iOS 15 Anda akan memiliki akses ke lebih dari 40 pakaian baru, opsi kacamata baru, kemampuan untuk menyesuaikan warna mata satu per satu, dan mengatur warna tutup kepala. Anda dapat mewakili diri Anda dengan implan koklea, tabung oksigen, atau helm lembut. Dan sembilan stiker Memoji baru memungkinkan Anda mengekspresikan diri di lebih banyak tempat.

Weather

Aplikasi Cuaca mendapatkan latar belakang animasi baru dengan ribuan variasi untuk lebih mencerminkan waktu, awan, dan curah hujan. Tata letak aplikasi telah diubah untuk menampilkan informasi yang lebih penting, dan mencakup modul baru untuk peta, prakiraan 10 hari, dan grafik baru untuk mengekspresikan data cuaca.

Ada peta layar penuh baru dengan mode suhu, curah hujan, dan kualitas udara.

iOS 15: iCloud

iCloud sendiri tidak berubah di iOS 15, tetapi mendapatkan peningkatan. Apple memperkenalkan iCloud+ bersama iOS 15, yang menghadirkan banyak fitur privasi dan keamanan yang biasanya dikenakan biaya bulanan yang besar, termasuk iCloud Private Relay (yang menyembunyikan lokasi, alamat IP, dan aktivitas penjelajahan Anda), alias email, dan dukungan HomeKit Secure Video. Ini adalah manfaat gratis bagi siapa saja yang sudah membayar untuk penyimpanan iCloud. Dan ada satu lagi fitur baru untuk orang yang tidak membayar: Jika Anda tidak memiliki cukup penyimpanan untuk mencadangkan ponsel Anda sebelum Anda meningkatkan ke iOS 15, Apple akan meminjamkan ruang yang Anda butuhkan selama tiga minggu.

List Perangkat iPhone yang mendapatkan iOS 15 :

iPhone 12
iPhone 12 mini
iPhone 12 Pro
iPhone 12 Pro Max
iPhone 11
iPhone 11 Pro
iPhone 11 Pro Max
iPhone XS
iPhone XS Max
iPhone XR
iPhone X
iPhone 8
iPhone 8 Plus
iPhone 7
iPhone 7 Plus
iPhone 6s
iPhone 6s Plus
iPhone SE (generasi ke-1)
iPhone SE (generasi ke-2)
iPod touch (generasi ke-7)

Apple belum memberikan tanggal rilis yang tepat untuk iOS 15, tetapi versi iOS utama hampir selalu dirilis pada bulan September.

sumber : macword iOS 15: FaceTime, sharing, smarter notifications, and more

Muhammad Aulia
Ketika gabut, aku disini. tapi sedikit sibuk juga, sibuk menikmati hidup dengan cara menjalaninya. Biasa diucapkan Selamat pada tanggal 04 May setiap tahunnya.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

20 − three =