Apa Itu NFT? Dan Sosok Ghozali Yang Cuan Miliaran berkat Jual Foto Selfie di Opensea!

Baru – baru ini NFT menjadi trend di Indonesia setelah sosok Ghozali Everday meraup miliaran rupiah dari hasil jual foto selfie di market opensea.

Foto selfie Ghozali Everday yang dijual tersebut merupakan foto yang dikumpulkan mulai dari 2017 – 2021. awalnya Ghozali hanya menjual foto tersebut senilai 43.000 namun siapa sangka foto selfie tersebut kini berhasil meraup miliaran rupiah!

Awalnya tak sedikit yang membully nya ketika ia membagikan NFT nya untuk dijual kepada komunitas – komunita grup facebook. namun hal tersebut menjadi momentum seumur hidupnya setelah Chef Arnold ikut membeli 30 NFT milik Ghozali tersebut. Lantas setelah itu NFT milik Ghozali Everday terus menjadi viral dan menembus harga puluhan jutaan, Woww!

Tentu saja keberhasilan Ghozali Everday membuat seluruh jagad maya penasaran dengan NFT serta bagaimana cara membuat NFT dan menjual NFT di market Opensea?

Apa Yang di Maksud NFT?

NFT adalah aset digital berbasis Blockchain yang mewakili objek dunia nyata seperti seni, musik, item dalam game, dan video. Mereka bisa dibeli dan dijual secara online, seringkali dengan cryptocurrency, dan NFT umumnya dikodekan dengan perangkat lunak dasar yang sama dengan banyak crypto.

Meskipun sudah ada sejak 2014, NFT sekarang menjadi terkenal karena menjadi cara yang semakin populer untuk membeli dan menjual karya seni digital. Secara mengejutkan, $174 juta telah dihabiskan untuk NFT sejak November 2017.

NFT juga umumnya satu dari jenis, atau setidaknya salah satu dari proses yang sangat terbatas, dan memiliki kode pengenal yang unik. “Pada dasarnya, NFT menciptakan kelangkaan digital,”

Siapa pun dapat melihat gambar satu per satu—atau bahkan seluruh kolase gambar secara online secara gratis. Jadi mengapa orang rela menghabiskan jutaan dolar untuk sesuatu yang dapat mereka screenshot atau unduh dengan mudah?

Karena NFT memungkinkan pembeli memiliki barang asli. Tidak hanya itu, ini berisi otentikasi bawaan, yang berfungsi sebagai bukti kepemilikan. Kolektor menghargai “hak membual digital” itu hampir lebih dari barang itu sendiri.

Haruskah Kamu Membeli NFT?

Hanya karena kamu dapat membeli NFT, apakah itu berarti kamu harus? Itu tergantung.

“NFT berisiko karena masa depan mereka tidak pasti, dan kami belum memiliki banyak sejarah untuk menilai kinerja mereka,” katanya. “Karena NFT sangat baru, mungkin ada baiknya menginvestasikan sejumlah kecil untuk mencobanya sekarang.”

Dengan kata lain, berinvestasi di NFT sebagian besar merupakan keputusan pribadi. Jika kamu memiliki uang cadangan, mungkin layak dipertimbangkan, terutama jika sepotong memiliki arti bagi kamu.

Cara Membeli / Menjual NFT

Jika kamu ingin memulai koleksi NFT kamu sendiri, kamu harus menyiapkan beberapa item utama:

OpenSea
Transaksi OpenSea

Pertama, kamu harus mendapatkan dompet digital yang memungkinkan kamu menyimpan NFT dan mata uang kripto. kamu mungkin perlu membeli beberapa cryptocurrency , seperti Ether, tergantung pada mata uang apa yang diterima oleh penyedia market NFT kamu.

Market NFT Populer

Setelah dompet kamu disiapkan dan didanai, tidak ada kekurangan situs NFT untuk berbelanja. Saat ini, pasar NFT terbesar adalah:

•   OpenSea.io : Platform peer-to-peer ini menyebut dirinya sebagai pemasok “barang digital langka dan koleksi”. Untuk memulai, yang perlu kamu lakukan hanyalah membuat akun untuk menelusuri koleksi NFT. kamu juga dapat mengurutkan karya berdasarkan volume penjualan untuk menemukan artis baru.

•   Rarible : Mirip dengan OpenSea, Rarible adalah pasar terbuka yang demokratis yang memungkinkan seniman dan pembuat konten untuk menerbitkan dan menjual NFT. Token RARI yang dikeluarkan pada platform memungkinkan pemegang untuk mempertimbangkan fitur-fitur seperti biaya dan aturan komunitas.

•   LooksRare

Kesimpulan

Semua usaha tidak pernah mengkhianati hasil, apapun yang sedang kamu kerjakan sekarang tetaplah mempunyai konsisten. semua dari kita mempunya momentum masing – masing dan tak semua caranya sama. seperti Ghozali Everday jual foto selfie.

Maka take your time dan lampaui batasanmu!

*Gadgetaulia tak pernah menyarankan / melarang kamu untuk membeli NFT atau Cryptocurrency, semua itu harus mempunyai keputasan dari kamu sendiri. dan ingat transaksi cryptocurrency mempunyai risiko.

Sampai jumpai pada artikel selanjutnya, salam Gadgetaulia.

Muhammad Aulia
Ketika gabut, aku disini. tapi sedikit sibuk juga, sibuk menikmati hidup dengan cara menjalaninya. Biasa diucapkan Selamat pada tanggal 04 May setiap tahunnya.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

fourteen − one =