25.4 C
Indonesia

Mengenal Apple A17 Pro: Sebuah Revolusi dalam Chip 3 Nanometer

Published:

Saat Apple meluncurkan model iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max terbarunya, sorotan tertuju pada keajaiban teknologi yang tersembunyi di balik eksterior titaniumnya yang ramping: chip A17 Pro.

Berbeda dengan nomenklatur sebelumnya, Apple untuk pertama kalinya menamai chip iPhone-nya dengan label “Pro”. Secara historis, penghargaan ini diperuntukkan bagi chip kelas desktop papan atas seperti M1 Pro dan M2 Pro, yang terkenal karena dominasi kinerjanya.

Chip A17 Pro dengan bangga menjunjung tradisi ini. Apple menegaskan bahwa mereka menghadirkan kekuatan komputasi kelas desktop ke dalam genggaman Anda, memperkuat keunggulannya yang sudah lama ada dalam kinerja chip seluler.

Apa itu A17 Pro?

Chip A17 Pro yang inovatif dari Apple dibuat menggunakan proses 3nm mutakhir TSMC, satu nanometer lebih tipis dari pendahulunya, A16 Bionic. Dengan 19 miliar transistor yang mengejutkan, A17 Pro mengungguli A16 Bionic dengan jumlah 3 miliar transistor yang mengesankan, sehingga meningkatkan kapasitasnya untuk menangani beban kerja yang rumit dengan cepat.

Chip A17 Pro Apple

Mengikuti tren prosesor Apple terkini, A17 Pro menggunakan kombinasi inti berkinerja tinggi dan efisiensi tinggi. Core berperforma tinggi menangani tugas-tugas kompleks, sementara core berefisiensi tinggi mengelola proses latar belakang berdaya rendah secara efisien.

A17 Pro menampilkan desain hexa-core, yang terdiri dari dua core berperforma tinggi dan empat core berefisiensi tinggi. Apple mengklaim bahwa inti berkinerja tinggi di A17 Pro memberikan peningkatan kecepatan yang luar biasa sebesar 10% dibandingkan dengan yang ada di A16 Bionic.

Baca Juga: iPhone 15 Debut dengan Desain dan Performa yang Menakjubkan

Sebagai system-on-chip, A17 Pro menyertakan komponen penting lainnya seperti GPU enam inti, pengontrol USB terintegrasi untuk menangani kecepatan transfer luar biasa 10 Gb/s dari port USB-C baru, Mesin Neural 16 inti. mampu melakukan hampir 35 triliun operasi per detik, mesin khusus untuk format video ProRes dan AV1, dan pengontrol untuk ProMotion Display Apple.

Peningkatan Kinerja GPU

Apple telah berinvestasi secara signifikan dalam meningkatkan kinerja grafis A17 Pro, menyebutnya sebagai salah satu kemajuan GPU paling menonjol hingga saat ini. Dengan tambahan satu inti GPU dibandingkan A16 Bionic, GPU A17 Pro konon 20% lebih cepat dengan konsumsi energi lebih sedikit.

Peningkatan kekuatan GPU ini menguntungkan para gamer seluler, editor video, dan siapa pun yang bergantung pada kemampuan pemrosesan grafis di perangkat genggam. Apple menyoroti dukungan GPU untuk penelusuran sinar yang dipercepat perangkat keras, sebuah fitur yang meningkatkan realisme pencahayaan dan efek refleksi dalam game dan grafik.

Ray tracing yang dipercepat perangkat keras, yang dipopulerkan oleh kartu grafis seri 20 NVIDIA pada tahun 2019, kini telah hadir di ranah seluler. Ini menawarkan kecepatan dan efektivitas yang unggul dibandingkan dengan ray tracing berbasis perangkat lunak. Apple mendemonstrasikan kemampuan A17 Pro untuk mempertahankan gameplay yang mulus dalam game yang mendukung ray tracing, mengungguli chip non-A17 Pro yang tersendat dan tertinggal dalam skenario yang sama.

GPU A17 Pro juga menggabungkan peningkatan MetalFX, memanfaatkan Neural Engine pada iPhone 15 Pro & 15 Pro Max untuk mengoptimalkan resolusi gambar secara efisien, menghadirkan grafis kelas atas dengan masa pakai baterai yang lebih lama.

Kesimpulannya

A17 Pro mewakili lompatan signifikan dalam teknologi chip seluler, menampilkan proses 3nm, peningkatan kinerja dan efisiensi energi, serta kemampuan grafis tingkat lanjut. Namun, ini merupakan langkah evolusi dari A16 Bionic.

Saat ponsel cerdas mendekati puncaknya, peningkatan bertahap telah menggantikan lompatan kinerja dramatis di tahun-tahun awal kemunculannya. Namun demikian, jika saat ini Anda memiliki iPhone dengan chip A16 Bionic, iPhone tersebut tetap kompetitif dan kuat.

Baca Juga: iPhone 15 Pro & 15 Pro Max: Memperkenalkan Action Button yang Dapat Disesuaikan

Bagi individu beruntung yang mengupgrade ke perangkat yang dilengkapi chip A17 Pro, pengalaman mendebarkan menanti. Pengembang aplikasi dan game siap memanfaatkan kekuatan pemrosesan dan grafis tambahan, memastikan bahwa pengalaman pengguna pada perangkat terbaru Apple tetap mengesankan seperti sebelumnya.

Apakah Anda ingin mengeksplorasi potensi chip A17 Pro? Sampaikan pendapatmu pada bagian komentar di bawah ini.

Gadgetaulia
Gadgetauliahttps://gadgetaulia.com
Gadgetaulia berkomitmen menyajikan informasi dalam berteknologi, kami punya sajian utama soal gadgets, android, ios, windows, tech news dan berbagai tutorial untuk gadget sobat.

Related articles

Popular Articles