Luca Todesco memamerkan jailbreak iOS 16.1 beta di konferensi keamanan Hexacon

Berbicara pada konferensi keamanan Hexacon di Paris, Prancis pada hari Jumat, peretas dan peneliti keamanan Luca Todesco membahas tren keamanan perangkat lunak gadget terbaru Apple dan memamerkan jailbreak iOS 16.1 beta

Todesco, yang dikenal tidak hanya karena pekerjaannya dalam jailbreak checkra1n , tetapi juga karena usahanya dalam proyek-proyek seperti PongoOS dan jailbreak Yalu untuk gadget tertentu yang menjalankan iOS 10, pada umumnya merupakan tokoh berpengaruh di komunitas jailbreak, dan untuk selamanya.

Shahar Tal, wakil presiden pengembangan bisnis Cellebrite, membagikan rangkaian Tweet di atas dengan gambar Todesco di atas panggung dan beberapa slide Keynote-nya yang menarik, beberapa di antaranya digambarkan di atas.

“Apple telah membuat segalanya menjadi lebih sulit bagi kami,” Todesco mencatat dalam sebuah slide, menyelaraskan pendapatnya dengan pendapat peretas lain di komunitas jailbreak saat ini mengenai upaya berkelanjutan Apple untuk menggagalkan jailbreaking tidak hanya dengan perangkat lunak yang lebih baru, tetapi juga dengan perangkat keras yang lebih canggih.

Jailbreak iOS 16

Todesco juga menunjukkan hal-hal seperti Mode Penguncian baru iOS dan mekanisme keamanan yang ditingkatkan untuk membuat kasus bahwa Apple akhirnya tampaknya menganggap keamanan pengguna lebih serius daripada jailbreaking.

Khususnya, kritik serupa terhadap Apple dibuat oleh 08Tc3wBB hampir satu tahun yang lalu, jadi sepertinya Apple akhirnya mendengarkan para peneliti keamanan yang berjuang untuk meningkatkan keamanan perangkat pribadi kami.

Todesco juga menggarisbawahi bahwa ini adalah waktu yang buruk untuk menjadi penyerang iOS karena betapa tangguhnya Apple telah membuatnya dan bagaimana kecepatan peningkatan Apple yang cepat membuatnya semakin menantang bagi peretas untuk melewati mekanisme keamanan perusahaan.

Baca Juga:

Todesco juga mencatat bahwa ini adalah waktu yang menantang bagi siapa pun yang baru memasuki ruang penelitian keamanan iOS, karena hanya ada sedikit pengetahuan publik yang tersedia sehingga sebagian besar penelitian bergantung pada pengalaman atau akses ke pengetahuan pribadi yang akan dijaga ketat Apple. 

Selain itu, pengetahuan publik di bidang penelitian keamanan dikatakan berada di mana saja dari satu hingga dua tahun di belakang mitigasi keamanan saat ini yang digunakan oleh Apple, jadi bagi siapa pun yang memulai hari ini, itu akan menjadi lebih dari sekadar tantangan kecil.

Sementara Todesco awalnya menetapkan nada suram untuk jailbreaker dengan mengklaim bahwa Apple memenangkan pertarungan, nada itu dengan cepat digantikan oleh demo jailbreak pada firmware terbaru Apple, rilis beta iOS 16.1.

Jailbreak proof-of-concept oleh Todesco muncul sekitar seminggu setelah Linus Henze mendemonstrasikan jailbreak Fugu15 di iOS 15.4.1

Seperti yang terlihat, Apple mungkin membuatnya jauh lebih sulit untuk membobol iOS & iPadOS, tetapi perusahaan itu jelas bukan tandingan peretas berpengalaman yang mengetahui barang-barang mereka.

Muhammad Aulia
Ketika gabut, aku disini. tapi sedikit sibuk juga, sibuk menikmati hidup dengan cara menjalaninya. Biasa diucapkan Selamat pada tanggal 04 May setiap tahunnya.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

nine − two =